Kamis, 22 Maret 2012

INDONESIA SURGA WISATA

Ada yang tau berapa jumlah provinsi di Indonesia?
Waktu saya SD dulu jumlahnya masih 27 provinsi termasuk Timor Timur yang sekarang sudah menjadi negara sendiri yaitu Timor Leste. 


Saat ini, Indonesia terdiri dari 33 provinsi. Dari 33 provinsi tersebut, 5 di antaranya memiliki status khusus sebagai daerah khusus atau daerah istimewa yaitu: Aceh, Jakarta, Papua, Papua Barat, dan Yogyakarta.


Ini daftar 33 Provinsi di Indonesia:

§  Aceh - Banda Aceh
§  Riau - Pekanbaru
§  Jambi - Jambi
§  Bengkulu - Bengkulu
§  Banten - Serang
§  Bali - Denpasar

§  Maluku - Ambon
§  Papua - Jayapura


Indonesia merupakan negara kepulauan, karena itu memiliki banyak pantai. Selain pantai, Indonesia juga memiliki banyak gunung yang masih aktif maupun yang sudah mati. Banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Indonesia untuk menikmati keindahaan alamnya. Daerah yang paling terkenal adalah pulau Bali walaupun sebenarnya banyak potensi alam yang bisa dikembangkan sampai mendunia. (Kamu perlu bangga dengan Indonesia dalam hal ini!!!)


Menteri Budaya dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik berupaya untuk mengembangkan pariwisata Indonesia yang mencakup beberapa daerah sebagai unggulan wisata, diantaranya adalah Sumtera Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Belitung, Batam-Bintan, hampir semua daerah wisata di Pulau Jawa, Bali, Lombok, NTB, Timor dengan Komodonya dan Papua.



Sebelum berwisata ria ke luar negeri alangkah baiknya kita berpetualang di dalam negeri dulu. Banyak tujuan wisata di Indonesia yang tidak kalah dengan luar negeri. Coba kita lihat objek wisata seperti Bali, Bantimurung, Balerang di Riau, Borobudur, Bromo, Danau Kalimutu, Danau Toba, Green Canyon Ciamis, Kepulauan Derawan, Kepulauan Nias, Kepulauan Mentawai, Kepulauan Selayar, Kepulauan Seribu, Kepulauan Wakatobi, Kepulauan Padaido, Krakatau, Lembah Balien, Moramo, Prambanan, Pulau Komodo, Puncak Jayawijaya & Carstenz, Raja Ampat, Ranu Kumbolo, Sentani, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Sakura Cibodas, dan lain-lain yang saking banyaknya gak mungkin disebut satu per satu. 


Perlu kita tahu Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara ("pulau luar", di samping Jawa yang dianggap pusat). Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2010 adalah sebanyak 237 641 326 jiwa, yang mencakup mereka yang bertempat tinggal di daerah perkotaan sebanyak 118 320 256 jiwa (49,79 persen) dan di daerah perdesaan sebanyak 119 321 070 jiwa (50,21 persen). 


Jadi dengan banyaknya tujuan wisata di Indonesia kenapa harus ke luar negeri?


SURGA WISATA. 




Data: dari beberapa sumber terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar